41. STRATEGIC MANAGEMENT (21 Jam Efektif)
Dewasa ini dalam Era Global, lingkungan makro dan stakeholder perusahaan yang berubah sangat cepat dan seringkali di luar dugaan, terkadang membuat para eksekutif dan pengambil keputusan bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Keadaan seperti ini sangatlah berbahaya karena mungkin kompetitor sudah terlebih dahulu menyikapi perubahan itu dengan tepat.
Perusahaan harus mampu secara proaktif memprediksi dan mengantisipasi perubahan itu dan melakukan reevaluasi konsep manajemen strateginya dan membuat keputusan strategis dengan cepat dan tepat. Banyak para manajer dan para pelaku bisnis yang berusaha untuk memperoleh ilmu yang dapat dipergunakan sebagai pedoman kerja untuk membuat kebijakan-kebijakan bisnis.
Ilmu yang membahasnya disebut “manajemen strategi” (Strategic Management).
Pelatihan Strategic Management ini membahas mengenai hakikat manajemen strategi, perencanaan strategi, penyusunan rencana strategi, dan potensi bisnis dan strategi penguasaannya.
Tujuan dan Manfaat :
- Dapat memahami keadaan bisnis dan persaingannya
- Memiliki pemahaman atas visi dan misi perusahaan
- Mampu menjadi konseptor manajemen strategi
- Mampu menerapkan “Manajemen Strategi” yang dibuat secara efektif & efisien
- Memiliki wawasan yang luas untuk memajukan daya saing perusahaan.
Materi :
- Konsep dasar Manajemen Strategi :
– Perkembangan Teori Manajemen Strategi
– Manfaat Manajemen Strategi
– Tingkatan Strategi (Corporate, Business & Functional)
– Proses Manajemen Strategi (mulai Analisis Lingkungan s/d. Implementasi Strategi) - Analisis Lingkungan :
– Tujuan dan Peran Analisis Lingkungan
– Struktur Lingkungan
– Prosedur Pelaksanaan Analisis Lingkungan
– Evaluasi dan Proses Analisis Lingkungan - Menentukan & Menetapkan Arah Perusahaan :
– Penentuan Arah Perusahaan (Strategy Architecture Design)
– Misi dan Tujuan Perusahaan
– Strategy Intent (Optimalisasi Resources) - Formulasi Strategi :
– Formulasi Strategi Korporat
– General Strategy Alternatives
– Business Portfolio
– SWOT
– Formulasi Strategi Bisnis
– Formulasi Strategi Fungsional (untuk masing-masing bidang fungsi manajemen) - Implementasi Strategi :
– Implikasi Strategi yang Dipilih
– Implementasi
– Pengendalian dan Evaluasi
– Koreksi/Improvement
Peserta :
- Para Manajer dan Pimpinan Puncak Perusahaan yang dalam tugasnya bertanggung jawab untuk mensukseskan pencapaian sasaran Unit Kerja jangka pendek, menengah dan panjang