23. EXCELLENCE TEAM BUILDING (Pembentukan Kelompok Kerja Prima) (21 Jam Efektif)
Setiap Organisasi atau Perusahaan didirikan dan dirancang sedemikian rupa agar mampu memberikan hasil atau karya yang lebih berdaya guna dan berhasil guna dalam memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Beberapa pakar berpendapat bahwa manusia merupakan sumber daya organisasi yang menentukan dan juga sebagai pelaku utama dalam mewujudkan tujuan Perusanaan. Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) secara tepat dalam suatu atmosphere kerja yang kodusif akan menghasilkan Human Performance (HP) yang optimal.
Dalam Era Global, dibutuhkan fleksibilitas terhadap “perubahaan paradigma” sehingga suatu Unit Kerja diharapkan akan menghasilkan kinerja kelompok yang tidak statis, tetapi kelompok tersebut harus “kreatif dan inovatif” agar output berupa produk yang dihasilkan, baik barang maupun jasa yang ditawarkan memiliki advantages (kelebihan) dan attractiveness (daya tarik) serta dapat menghasilkan nilai tambah bagi konsumen bila dibandingkan dengan produk sejenis.
Suatu kelompok kerja yang kreatif dan inovatif tentunya akan memiliki anggota yang terdiri dari individu-individu dengan “etos kerja tinggi” dan tidak hanya berupa kontribusi pribadi, namun harus muncul dalam bentuk “performansi kelompok efektif” yang ditandai antara lain oleh adanya cohesiveness, integrity serta synergi dari seluruh anggota tim.
Tujuan dan Manfaat :
- Membentuk individu dan kelompok yang mampu mengenal kelebihan/kelemahan diri dan orang lain serta mampu berkomunikasi secara efektif
- Membentuk individu dan kelompok yang memiliki kesiapan terhadap perubahan paradigma baru dalam bekerja sebagai anggota tim
- Meningkatkan kesadaran dan kemampuan individu dalam mengelola energi untuk bersikap dan bertindak secara positif melalui kerjasama dalam menghadapi pekerjaan
- Mengembangkan dan membentuk kelompok kerja yang solid, inovatif dan kreatif sehingga akan mendukung pencapaian sasaran unit kerja secara efisien.
Materi :
- Self Assets & Liabilities
- Persepsi
- Paradigm Change
- Komunikasi Personal
- Umpan Balik Kelompok
- Creativity & Innovation
- Conflict & Competition
- Self Sensitivity
- Problem Solving & Decision Making
- Empowerment
- Synergi & Cooperation
Peserta :
- Individu-individu yang menempati posisi kunci di perusahaan
- Setiap level pimpinan yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan pekerjaan